Faktor Penyebab Timbulnya Jerawat Usia Remaja

Faktor Penyebab Timbulnya Jerawat Usia Remaja
Cara Tubuh Sehat - Update Artikel Lagi Mengenai Faktor Penyebab Timbulnya Jerawat Usia Remaja.  $aat ma$a remaja, 10 ma$alah pada kulit wajah bia$anya mulai timbul, $eperti kulit berminyak, jerawat, ku$am, komedo hitam, komedo putih, pori-pori be$ar, noda beka$ jerawat (bintik hitam), kulit ka$ar, warna kulit tidak rata (akibat $el kulit mati), hingga kulit kemerahan akibat radang yang di$ebabkan oleh jerawat.

Menurut dr Eddy Karta $pKK, ma$alah yang paling banyak terjadi pada remaja adalah kulit wajah berminyak dan berjerawat. “Hal ini di$ebabkan oleh perubahan hormon yang menyebabkan produk$i minyak berlebih pada wajah $ehingga wajah tampak ku$am dan tidak terawat," katanya $aat ditemui di Jakarta, $ela$a (20/8).

Lanta$, apa $ebetulnya penyebab utama timbulnya jerawat pada remaja? Menurut Eddy, $ebum atau kelenjar minyak bia$anya memang mulai akif $aat ma$a remaja. Jerawat $endiri akan muncul $aat terjadi $umbatan pada $ebum.

“$umbatan ini bia$anya di$ebabkan oleh adanya tumpukan kotoran dan debu. Ini bia$anya dialami oleh remaja yang mala$ member$ihkan wajah atau menggunakan produk pember$ih yang $alah,” jela$nya.

Kebia$aan buruk yang juga menjadi pemicu timbulnya jerawat adalah $eringnya memegang-megang jerawat, padahal tangannya dalam kondi$i kotor. “Kebia$aan ini ju$tru bi$a membentuk infek$i di $umbatan ter$ebut,” terangnya. Karena itu, lanjut Eddy, $ebaiknya hindari memegang jerawat jika mera$a ada radang pada kulit.

Penyebab lainnya adalah adanya inflama$i atau radang dengan kondi$i kulit berjerawat yang $udah memerah. “Bila ini terjadi, jerawat akan pecah dan meninggalkan noda beka$ jerawat yang $ulit dihilangkan,” urainya.

Jerawat ini tidak hanya muncul di wajah, tapi juga bi$a timbul di area punggung, dada, dan juga lengan. Karena itu, $angat penting bagi remaja untuk member$ihkan wajah $ecara teratur dengan pember$ih yang memang diformula$ikan khu$u$ untuk wajah cenderung berjerawat.

“Member$ihkan wajah $angat penting, minimal dua kali $ehari. Tentunya menggunakan pember$ih khu$u$ wajah yang berminyak. $ebelum tidur, jangan lupa untuk $elalu member$ihkan wajah, apalagi jika $ebelumnya menggunakan ko$metik. Yang juga $angat penting adalah menjalani gaya hidup $ehat dan hindari $tre$,” tambahnya.

Eddy juga menyarankan untuk tidak menggunakan $abun anti$eptik dan $crub $ecara berlebihan. “Penggunaan $abun anti$eptik boleh-boleh $aja, tapi jangan berlebihan, apalagi dengan $crub yang berlebihan. Karena kadang kulit akan terge$ek dan terbawa $ehingga perlindungan kulit jadi berkurang. Akibatnya, kulit akan lebih mudah terinfek$i,” pe$annya.
Admin Blog Cara Tubuh Sehat mengucapkan selamat berbahagia kepada anda yang telah membaca artikel Faktor Penyebab Timbulnya Jerawat Usia Remaja, Jika ada luang waktu baca juga Cara Yang Benar Menurunkan Berat Badan Alami, Cara Merawat Kulit Tubuh Agar Cantik Alami dan Cara Mengatasi Komedo Yang Membandel di Hidung